Logo Bloomberg Technoz

Cegah Lonjakan Harga, BUMN Salurkan 29 Juta Liter Minyak Goreng

Rezha Hadyan
09 February 2023 09:32

Ilustrasi penjual minyak goreng (Dimas Ardian/Bloomberg)
Ilustrasi penjual minyak goreng (Dimas Ardian/Bloomberg)

Bloomberg Technoz, Jakarta - Dua Badan Usaha Milik Negara (BUMN) yang bergerak di sektor pangan, ID Food dan Perum Badan Urusan Logistik (Bulog) bakal mendistribusikan 29 juta liter minyak goreng ke pasar guna mengatasi kenaikkan harga.

Kepala Badan Pangan Nasional atau National Food Agency (NFA) Arief Prasetyo Adi mengatakan ID FOOD dan Bulog akan menyalurkan hingga 29 juta liter minyak goreng per bulan pada Februari-Maret 2023.

Keputusan penyaluran minyak goreng melalui kedua BUMN itu merupakan has berdasarkan hasil dari Rapat Pasokan Minyak Goreng bersama BUMN Pangan dan para produsen minyak goreng, Rabu, (8/2/2023) di Jakarta.

“Dalam mewujudkan cadangan minyak goreng pemerintah perlu kolaborasi yang baik dengan semua pihak, baik antar kementerian dan lembaga, BUMN, serta sektor swasta atau para produsen minyak goreng, maka kita libatkan para produsen untuk memberikan masukan terkait pasokan bagi BUMN Pangan,” ujarnya dalam keterangan tertulis, dikutip Kamis (9/2/2023).

Arief menjelaskan 29 juta liter minyak goreng yang akan disalurkan oleh ID FOOD dan Bulog meliputi 18 liter minyak goreng curah dan 12 liter minyak goreng kemasan. Adapun, untuk penyalurannya sebanyak 22 juta liter akan diserahkan ke ID FOOD dan 7 juta liter sisanya diberikan ke Bulog.