Logo Bloomberg Technoz

ESDM Desak PGN Tambah Sumber Gas, Bukan Naikkan Harga

Sultan Ibnu Affan
30 August 2023 14:23

Ilustrasi pipa-pipa kapal tanker liquefied natural gas (LNG)./Bloomberg-Asim Hafeez
Ilustrasi pipa-pipa kapal tanker liquefied natural gas (LNG)./Bloomberg-Asim Hafeez

Bloomberg Technoz, Jakarta – Kementerian Energi dan Sumber Daya Mineral (ESDM) menilai tidak ada alasan bagi PT Perusahaan Gas Negara (PGN) untuk menaikkan harga gas bagi pelanggan industri selain penerima harga gas bumi tertentu (HGBT).

Dalam kaitan itu, Direktur Jenderal Minyak dan Gas Bumi (Dirjen Migas) Kementerian ESDM Tutuka Ariadji mengatakan pada prinsipnya pemerintah ingin agar harga gas dapat ditekan semurah mungkin, agar tidak memberatkan kinerja sektor industri.

Menurutnya, jika PGN berdalih rencana penaikan harga gas industri non-HGBT dipicu oleh lonjakan harga di tingkat hulu atau pemasok, hal tersebut dapat dikomunikasikan dengan Satuan Kerja Khusus Pelaksana Kegiatan Usaha Hulu Minyak dan Gas Bumi (SKK Migas).

“Soal sumber gas itu kan bisa dikomunikasikan dengan SKK Migas. Itu kan masih ada cara-cara lain kita [pasok] dari mana. Pemerintah akan bantu itu agar harganya murah. Cari sumber sana. Kalau tidak ada, cari sumber lain,” tegasnya saat ditemui di kompleks parlemen, Selasa (29/8/2023).

Menurutnya, PGN pun perlu getol mencari sumber dan produksi lapangan-lapangan gas di dalam negeri untuk mengamankan suplai gasnya agar harga di tingkat hilir tidak perlu sampai dinaikkan.