Logo Bloomberg Technoz

ESDM: Harga Gas untuk PLTG Konversi Diesel Maksimal US$10/MMBtu

Sultan Ibnu Affan
30 August 2023 15:30

Ilustrasi PLTGU. (Dok ESDM)
Ilustrasi PLTGU. (Dok ESDM)

Bloomberg Technoz, Jakarta – Kementerian Energi dan Sumber Daya Mineral (ESDM) mengungkapkan harga gas untuk program konversi pembangkit listrik tenaga diesel (PLTD) ke pembangkit listrik tenaga gas (PLTG) tidak boleh melebihi US$10/MMBtu.

Terkait dengan program itu, Direktur Jenderal Minyak dan Gas Bumi (Dirjen Migas) Kementerian ESDM Tutuka Ariadji mengatakan saat ini PT PLN (Persero) sedang melelang 47 generator PLTD dengan kapasitas sekitar 3 gigawatt (GW) untuk dikonversi menjadi PLTG.

“[Lokasinya] di Indonesia timur. Itu sedang dilaksanakan [lelangnya], termasuk ada di Nias, tetapi sebagian besar di Indonesia timur. Mudah-mudahan dalam 2 tahun ke depan selesai,” ujarnya saat ditemui di kompleks parlemen, Selasa (29/8/2023).

Menurut Tutuka, konversi PLTD menjadi PLTG membutuhkan gas bumi dengan jumlah sangat besar. Untuk itu, pemerintah tengah menghitung perkiraan harga gas yang sesuai untuk dipasok ke program konversi pembangkit diesel ke gas tersebut.

“Kami estimasi dahulu harga gas [untuk PLTG] berapa, sehingga bisa lebih murah dari [pembangkit] HSD [high speed diesel],” ujarnya, seraya menambahkan pasok gas untuk proyek konversi tersebut akan didatangkan dari Blok Tangguh, Teluk Bintuni yang dikelola oleh BP.