Logo Bloomberg Technoz

"Itu baru satu barang, kita ini punya barang-barang yang lain komoditas lain, nikel, timah, tembaga, bauksit, batu bara semuanya satu-satu enggak usah tergesa-gesa yang penting terus konsisten dan tak usah kita ini takut gara-gara digugat di WTO misalnya enggak, jangan mundur," kata Presiden lagi.

Perihal hilirisasi ini menjadi topik yang kerap disinggung Jokowi dalam pidato dan sambutannya di berbagai kesempatan. Sepekan lalu, dia juga menyinggung hal ini saat berada di Kota Medan, Sumatera Utara.

Jokowi pada saat itu mengatakan, program hilirisasi mineral yang tengah berjalan telah memberikan banyak keuntungan untuk negara. Jokowi sekaligus membantah hilirisasi hanya menguntungkan sejumlah perusahaan.

Kebijakan hilirisasi, kata Jokowi, membuat Indonesia melepas budaya lama, bahkan sejak zaman VOC ketika tanah Indonesia hanya mengirim bahan baku mentah ke negara lain. 

"Sudah 400 tahun sejak zaman VOC Indonesia selalu mengekspor barang mentah ke luar negeri. Memang kita dapat uang, tapi sangat sedikit sekali," ujar Jokowi saat memberikan sambutan di acara Rakernas Gerakan Angkatan Muda Kristen Indonesia (GAMKI) di Kota Medan pada Sabtu (19/8/2023).

(ezr)

No more pages