Logo Bloomberg Technoz

Deretan Kasus Sepak Bola Spanyol: Rasisme hingga Pelecehan

Septiana Ledysia
30 August 2023 14:20

Spanyol juara piala dunia wanita 2023. (Sumber: Bloomberg)
Spanyol juara piala dunia wanita 2023. (Sumber: Bloomberg)

Bloomberg Technoz, Jakarta - Sepak Bola Spanyol sedang ramai dibicarakan dunia. Setelah ramai kasus rasisme yang diterima pemain Real Madrid, Vinicius Jr hingga perbuatan tidak menyenangkan yang dilakukan presiden federasi sepak bola Spanyol, Luis Rubiales.

Diberitakan di beberapa media Eropa, kasus rasisme di sepak bola spanyol tidak terjadi hanya sekali dua kali. Ternyata sudah terjadi berkali-kali selama bertahun-tahun.

Dalam satu dekade terakhir, serangan rasial pernah diterima oleh Samuel Eto’o saat berseragam Barcelona beberapa kali sejak tahun 2004. Tak lama dari itu, serangan rasial dengan melempar pisang ke kiper Espanyol, Carlos Kameni dan Dani Alves Bek Barcelona.

Yang paling terbaru adalah serangan rasial yang diterima penyerang Real Madrid asal Brazil, Vinicius Jr. Serangan rasial yang diterima Vini bukan sekali dua kali. Paling parah saat Real Madrid bertamu ke Valencia, Minggu (21/5/2023). Vini diteriaki dengan umpatan ‘monyet, monyet, monyet’.

Saat itu Pihak Federasi Sepak Bola Spanyol (RFEF) langsung memberikan denda terhadap Valencia sebesar 45 ribu euro (Rp744 juta) dan tribun selatan di Stadion Mestalla ditutup selama lima pertandingan.