Logo Bloomberg Technoz

Saat ini, kereta yang mengalami gangguan telah dipindahkan ke dipo untuk dievaluasi penyebabnya oleh tim dari PT Industri Kereta Api (Persero) atau Inka dan KAI. Hal ini dilakukan karena perawatan sarana LRT hingga saat ini masih menjadi tanggungjawab Inka, sehingga pihaknya mengkoordinasikan penanganan sarana tersebut.

Sementara itu, gangguan di Stasiun Halim disebut karena adanya aliran listrik yang mati pada kereta. Hal ini disebabkan oleh gangguan pada TPPS listrik, yang memicu gangguan pada kegiatan operasional LRT Jabodebek.

Namun Kuswardojo juga memastikan saat ini kereta sudah berjalan normal dan pihaknya telah berkoordinasi dengan PT Adhi Karya (Persero) Tbk yang bertanggungjawab atas TPPS tersebut.

“Kami mohon maaf atas gangguan yang terjadi pada perjalanan LRT hari ini dan mengakibatkan kekurangnyamanan bagi penggunajasa LRT Jabodebek. Koordinasi dengan semua stakeholder terus kami lakukan agar operasional LRT Jabodebek bisa berjalan dengan baik,” jelas Kuswardojo.

Perjalanan kereta LRT Jabodebek dilaporkan mengalami gangguan pada hari ketiga beroperasi, Rabu (30/8/2023). Hal itu dilaporkan oleh akun @jalur5_ dalam media sosial X. 

Dalam unggahannya, disebutkan kereta LRT rute Jatimulya-Dukuh Atas mengalami gangguan di Stasiun Cikunir 2. Adapun terdapat kereta yang tertahan lama di Stasiun Cikunir 2 dan menyebabkan perjalanan dari Stasiun Jatimulya ke Stasiun Cikunir 2 mencapai 40 menit.

Unggahan tersebut juga disertai dengan video berdurasi 11 detik yang menunjukan kondisi pada salah satu rangkaian kereta yang dipadati oleh para penumpang.

“Penumpang kemudian diminta turun di (Stasiun) Cikunir 2 dan berpindah ke kereta selanjutnya,” tulis akun @jalur5_, dikutip Rabu (30/8/2023). 

Akun yang sama juga sebelumnya melaporkan sebuah rangkaian kereta mengalami gangguan sehingga penumpang harus turun di Stasiun Halim. Padahal, saat ini Stasiun Halim belum melayani penumpang LRT karena masih menunggu operasional Kereta Cepat Jakarta-Bandung.

“Ketika pintu Stasiun Halim terbuka, sebagian penumpang keluar di stasiun ini. Stasiun Halim sebenarnya belum melayani penumpang sehubungan progres pekerjaannya masih menunggu Stasiun KCIC,” tulis akun tersebut.

(dov/ain)

No more pages