Logo Bloomberg Technoz

Sementara Samsung Galaxy A14 menjadi satu-satunya brand non-iPhone yang masuk daftar lima besar. A14 adalah smartphone entry-level milik Samsung Electronics Co Ltd. Harga A14 yang sekitar US$130 (sekitar Rp1,9 juta) cukup populer dibandingkan smartphone di rentang harga serupa.

Total penjualan lima lini seri iPhone mencapai 86,4 juta, naik dibandingkan posisi tahun lau 83,2 juta, dikutip dari Bloomberg News. Apple mampu meningkatkan pengirimannya meskipun ada kekhawatiran perlambatan ekonomi dunia.

Data lain menampilkan 10 besar smartphone mengalami penurunan pengiriman pada paruh pertama ini, menjadi 133,3 juta unit dari 141,4 juta unit pada periode yang sama tahun lalu.

Dua dari tiga smartphone pilihan pelanggan adalah iPhone. Artinya Apple mendominasi pengiriman meski industri mengalami perlemahan permintaan.

Pangsa pasar Apple dalam sepuluh besar pengiriman ponsel pintar meningkat menjadi hampir 65% pada paruh pertama ini. Bandingkan pada raihan sebelumnya 59%. Hal yang juga meningkatkan posisi iPhone dibandingkan brand lain.

Rounak Jain dalam laporannya menyatakan iPhone 11 dan iPhone 13 tetap mendapatkan tempat di pelanggan. Pada periode ini, kedua seri mencatatkan pengiriman 6,9 juta unit (iPhone 11) dan 15,5 juta (iPhone 13).

Model ‘Pro’ juga mengalami kenaikan pengiriman, meski harga produk Apple ini lebih mahal. Apple mengirimkan 47,5 juta unit iPhone 14 Pro Max dan iPhone 14 Pro pada paruh pertama tahun 2023.

Jika membandingkan tahun lalu, iPhone 13 Pro Max dan iPhone 13 Pro meriah angka 37,8 juta unit.

Peluncuran iPhone 15 diharapkan tetap mendorong Apple sebagai produsen smartphone teratas di dunia untuk pertama kalinya. Hal serupa dinyatakan Counterpoint bahwa pertumbuhan penjualan iPhone kelas ultra-premium dan premium membuat posisi Apple akan lebih baik.

Portofolio perusahaan yang dipimpin  Tim Cook sebagai CEO menjadi lebih punya bobot. Tahun 2023 dapat menandai dimulainya era baru Apple sebagai pasar premium yang kokoh di dunia, dan membantunya menjadi nomor satu secara global dalam hal pengiriman tahunan untuk pertama kalinya.

(wep/roy)

No more pages