Logo Bloomberg Technoz

Penjualan iPhone Kokoh di Tengah Pasar Smartphone yang Lesu

Whery Enggo Prayogi
30 August 2023 13:30

Ilustrasi toko Apple menjual iPhone. (Dok: Bloomberg)
Ilustrasi toko Apple menjual iPhone. (Dok: Bloomberg)

Bloomberg Technoz, Jakarta - Pada semester I-2023 deretan seri iPhone milik Apple Inc. mendominasi daftar penjualan smartphone dunia. Hal yang mengindikasikan iPhone tetap akan berjaya di tengah tren pelemahan ekonomi dunia dan industri smartphone.

Data pengiriman smartphone pada paruh pertama tahun ini menjadi yang terendah dalam satu dekade berdasarkan data Counterpoint. Permintaan smartphone yang merosot di Asia, khususnya China, mendorong lesunya tingkat penjualan, selain juga terjadi di Amerika bagian utara sebagai salah penopang utama permintaan.

Namun Counterpoint masih melihat iPhone bergerak anomali. Perilisan iPhone 15 menjadi momentum peningkatan permintaan smartphone buatan Apple Inc. secara global, terutama dari China.

“Kami melihat kuartal terakhir akan dipenuhi minat pelanggan karena peluncuran iPhone 15 sebagai kesempatan bagi operator untuk mencuri pelanggan bernilai tinggi. Dan dengan basis pemasangan iPhone 12 yang besar untuk diperebutkan, promo akan menjadi agresif, menempatkan Apple pada posisi terbaiknya,” kata Ethan Qi, Associate Director untuk China.

Berdasarkan data yang dihimpun, 4 lini seri iPhone yang ada di pasaran menempati posisi lima besar penjualan smartphone sepanjang Januari hingga Juni tahun ini. Seri yang paling mencatatkan pertumbuhan pengiriman adalah iPhone 13 dan iPhone 14 —seri yang rilis tahun lalu. Dalam perusahaan riset Omdia seperti dilaporkan Benzinga menyatakan kedua seri ini paling laku.