Logo Bloomberg Technoz

Minta Klarifikasi Isu Rangka Motor Honda, BPKN Surati AHM

Dovana Hasiana
30 August 2023 08:20

Ilustrasi Astra Honda Motor (AHM). (Dok. astra-honda.com)
Ilustrasi Astra Honda Motor (AHM). (Dok. astra-honda.com)

Bloomberg Technoz, Jakarta – Badan Perlindungan Konsumen Nasional (BPKN) telah mengirimkan surat kepada PT Astra Honda Motor (AHM), guna meminta penjelasan dan keterangan lebih lanjut terkait dengan maraknya keluhan masyarakat ihwal rangka enhanced Smart Architecture Frame (eSAF) sepeda motor Honda.

Kepala BPKN Rizal Halim mengatakan nantinya BPKN akan memberikan informasi kepada masyarakat mengenai penjelasan dari AHM.

“Ya kami sudah menyurati AHM untuk meminta keterangan lebih lanjut mengenai case yang sementara beredar di masyarakat. Mudah-mudahan dalam waktu tidak lama, kami akan sampaikan ke masyarakat apa saja keterangan yang dijelaskan oleh AHM kepada BPKN,” ujar Rizal kepada Bloomberg Technoz, Selasa (29/8/2023).

Rizal menjelaskan, BPKN selalu menggali keterangan atau eksplorasi informasi dengan mengundang para pihak yang berkepentingan untuk menindaklanjuti keluhan yang beredar di masyarakat.

Setelah mendengarkan penjelasan dari pihak yang berkepentingan, nantinya BPKN akan menentukan bentuk dari tindak lanjut yang harus dilakukan. Ketika ditanya tentang penarikan produk (recall) sasis eSAF, Rizal menjelaskan, pihaknya harus mendengarkan klarifikasi dari AHM terlebih dahulu.