Logo Bloomberg Technoz

Vale Indonesia Ketahuan Setor 'Fee' ke Toronto, Buat Apa?

Sultan Ibnu Affan
30 August 2023 08:10

Suasana pabrik PT Vale Indonesia. (Dok Dimas Ardian/Bloomberg)
Suasana pabrik PT Vale Indonesia. (Dok Dimas Ardian/Bloomberg)

Bloomberg Technoz, Jakarta – PT Vale Indonesia Tbk. (INCO) mengakui telah melakukan pembayaran rutin kepada Vale Base Metals, salah satu entitas induk bisnis logam Vale yang bermarkas di Toronto, Kanada.

Hal itu diungkapkan oleh Legal Director Vale Indonesia Anggun Kara Nataya, saat mewakili Direktur Utama Febriani Eddy yang tak bisa memenuhi undangan DPR untuk membahas lebih lanjut terkait dengan progres divestasi saham INCO kepada holding BUMN pertambangan PT Mining Industry Indonesia (MIND ID) di Komisi VII pada Selasa (29/8/2023).

Anggun mengatakan, saat ini INCO memang melakukan pembayaran service fee kepada Vale. Pembayaran itu, kata dia, merupakan sebuah jasa upah perbantuan dari sisi teknologi Vale Canada Limited, yang merupakan bagian dari Vale Base Metals yang digunakan Vale Indonesia saat pabrik baru dibangun sekitar 1970.

"Itu bisa kami sampaikan, sebenarnya kuantitasnya sangat minim dan itu bukan fixed fee hanya apabila kami memerlukan bantuan. Jadi sifatnya sama seperti kita membutuhkan service dari vendor-vendor lainnya," ujarnya saat rapat dengar pendapat bersama Komisi VII DPR di Kompleks Parlemen Senayan, Selasa (29/8/2023).

Dia mengeklaim bentuk pembayaran tersebut juga telah dilaporkan pada keterbukaan informasi, sebagai perusahan terbuka, kepada Otoritas Jasa Keuangan (OJK) dan Bursa Efek Indonesia (BEI).