Logo Bloomberg Technoz

Thailand Jorjoran Longgarkan Visa demi Tarik Turis India & China

News
30 August 2023 06:20

Wisatawan di pantai Pattaya, Thailand (Sumber: Bloomberg)
Wisatawan di pantai Pattaya, Thailand (Sumber: Bloomberg)

Pathom Sangwongwanich - Bloomberg News

Bloomberg, Thailand kemungkinan akan melonggarkan peraturan visa bagi wisatawan asal China dan India, serta memperbolehkan pengunjung dari semua negara untuk tinggal lebih lama seiring dengan upaya Perdana Menteri baru Srettha Thavisin meningkatkan pendapatan pariwisata hingga hampir US$100 miliar pada 2024.

Warga China – yang merupakan kelompok pengunjung terbesar ke Thailand sebelum pandemi ini – menghadapi proses pengajuan visa yang mahal dan rumit, sehingga menghambat jumlah pengunjung pada tahun ini, menurut Srettha.

Sementara itu, pelancong dari India harus membayar 2.000 baht (US$57) untuk visa kedatangan 15 hari. Srettha mengatakan dia ingin daftar negara bebas visa diperluas serta peningkatan batas tinggal bagi sebagian besar pelancong internasional, dengan batasan 15 hari atau 30 hari untuk banyak negara.

Srettha membahas opsi tersebut dengan para eksekutif Bandara Thailand Pcl dan beberapa maskapai penerbangan pada Senin (28/8/2023), dengan tujuan jangka pendek untuk menarik lebih banyak orang asing pada kuartal keempat, yang biasanya merupakan musim puncak pariwisata.