Logo Bloomberg Technoz

Masker KF94 memiliki kemampuan filtrasi PM 2.5 kurang lebih 94%—95%. Masker ini dapat digunakan oleh masyarakat umum, terutama saat berada di lingkungan berisiko. 

Istilah ‘KF’ merupakan singkatan dari Korean Filter, sedangkan angka 94 sendiri mengacu pada tingkat filtrasi atau penyaring udara.

Masker KN95

Masker ini juga dapat digunakan oleh masyarakat umum. Masker KN95 memiliki kemampuan filtrasi PM 2.5 sebesar 80% sampai 95%.

Masker KN95 bentuknya sedikit berbeda dengan masker lain karena memiliki sedikit kantong udara antara hidung dan masker. Masker ini relatif lebih mudah untuk bernapas dan tidak membuat sesak.

Berdasarkan data Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan, polusi di wilayah Jakarta didominasi partikulat sebesar 2,5 mikrogram atau PM2.5.

Sebagai upaya pencegahan dampak kesehatan yang serius, masyarakat perlu mengenakan masker dengan kerekatan tinggi untuk menahan masuknya partikulat ke sistem pernafasan.

Indeks kualitas udara yang buruk bisa memicu enam penyakit gangguan pernapasan yaitu pneumonia, infeksi saluran pernapasan atas (ISPA), asma, kanker paru, tuberkulosis, dan penyakit paru obstuksi kronis (PPOK). Berdasarkan data BPJS, enam penyakit tersebut telah menguras dana hingga Rp10 triliun.

(spt/wdh)

No more pages