Logo Bloomberg Technoz

Hasil Survei Terbaru Ganjar-Prabowo-Anies Versi 12 Lembaga

Ezra Sihite
30 August 2023 05:20

Kiri-kanan: Anies Baswedan, Prabowo Subianto, Ganjar Pranowo. (Bloomberg/Rony Zakaria/Dimas Ardian, Tangakap Layar Intagram @ganjar_pranowo)
Kiri-kanan: Anies Baswedan, Prabowo Subianto, Ganjar Pranowo. (Bloomberg/Rony Zakaria/Dimas Ardian, Tangakap Layar Intagram @ganjar_pranowo)

Bloomberg Technoz, Jakarta - Dalam hitungan bulan menjelang pendaftaran bakal calon presiden (capres) dan calon wakil presiden (cawapres) ke Komisi Pemilihan Umum (KPU), lembaga survei terus mengukur popularitas hingga elektabilitas bakal capres. Nama-nama yang sudah diusung tiga koalisi yakni Ganjar Pranowo, Prabowo Subianto, dan Anies Baswedan.

Pendaftaran akan dimulai pada 19 Oktober 2023 dan berakhir pada 25 November 2023. Berikut round up hasil rilis lembaga survei dalam 3 bulan terakhir. Secara umum, kalau diakumulasikan urutan yang dihasilkan dari tiap survei, capres Prabowo Subianto mendominasi unggul secara elektabilitas kemudian Ganjar Pranowo. Sementara Anies Baswedan diukur kerap tertinggal elektabilitasnya.

Namun demikian, pengukuran dari satu lembaga survei yang dilakukan secara periodik bisa berubah dari waktu ke waktu menuju Pemilu 2024.


1. Saiful Mujani Research and Consulting (SMRC)

Periode survei pada 31 Juli—11 Agustus 2023 dengan melibatkan 4.260 responden dari seluruh Indonesia melalui wawancara tatap muka. Sementara pengambilan sampel dengan metode stratified multistage random sampling, tingkat kesalahan (margin of error) kurang lebih 1,65% pada tingkat kepercayaan 95%.

Hasilnya sebagai berikut:
Ganjar Pranowo 35,9%
Prabowo Subianto 33,6%
Anies Baswedan 20,4%
Tidak tahu/tidak menjawab 10,1%


2. Survei Litbang Kompas