Logo Bloomberg Technoz

Topan Saola Hantam Filipina, Puluhan Ribu Orang Diungsikan

News
29 August 2023 17:35

Ilustrasi hujan lebat di Filipina. (Sumber: Bloomberg)
Ilustrasi hujan lebat di Filipina. (Sumber: Bloomberg)

Andreo Calonzo, Manolo Serapio Jr. dan Sing Yee Ong - Bloomberg News

Bloomberg, Sekitar 25.000 orang di Filipina telah mengungsi ke tempat yang lebih aman karena topan Saola diperkirakan akan menghantam daratan pada Rabu (30/8/2023). Setelahnya, topan diramalkan bergerak menuju Taiwan dan Hong Kong.

Setidaknya 14 penerbangan domestik dibatalkan, sementara beberapa sekolah ditutup dan kelas-kelas ditangguhkan pada Selasa (29/8/2023), tepat di hari pertama tahun ajaran baru di Filipina. Menurut Badan Penanggulangan Bencana Filipina, curah hujan yang tinggi dari Saola menambah kondisi musim hujan barat daya, yang telah mempengaruhi 64.000 orang di 21 provinsi.

Filipina telah memberi peringatan mengenai angin kencang dan gangguan listrik, demikian bunyi laporan terbaru dari biro cuaca negara Pagasa pada pukul 14.00 pada hari Selasa. Taiwan mengeluarkan peringatan laut pada Senin malam dan mungkin akan mengumumkan peringatan darat dalam beberapa jam.

Menurut Pagasa, Seola diperkirakan akan "bertahan dengan kuat" saat melintasi atau dekat dengan provinsi paling utara Filipina, Batanes. Badai tersebut mungkin akan melemah, meskipun Pagasa tidak mengesampingkan kemungkinan badai dapat secara perlahan "meningkat kembali dan mencapai kategori topan super."