Logo Bloomberg Technoz

Penjabat 10 Gubernur yang Lengser Mulai Pekan Depan Belum Dipilih

Pramesti Regita Cindy
29 August 2023 17:25

Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamilsaat meresmikan revitalisasi Situ Gede, Bogor. (Dok. Humas Jabar)
Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamilsaat meresmikan revitalisasi Situ Gede, Bogor. (Dok. Humas Jabar)

Bloomberg Technoz, Jakarta - Sebanyak 10 pasangan kepala daerah tingkat provinsi atau gubernur dan wakil gubernur akan lengser bulan ini. Beberapa di antaranya akan melepaskan jabatannya mulai pekan depan atau 5 September 2023, seperti Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil dan Gubernur Jawa Tengah Ganjar Pranowo.

Akan tetapi, hingga saat ini, Presiden Joko Widodo atau Jokowi belum juga menunjuk penjabat gubernur untuk mengisi kekosongan hingga November 2024. Padahal, Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) tiap provinsi tersebut sudah mengirimkan tiga nama usulan Pj Gubernur.
 
"Kami sedang menunggu waktu untuk sidang Tim Penilaian Akhir (TPA) yang nanti akan dipimpin langsung presiden, dan dihadiri menteri-menteri terakit dan kepala lembaga. Semoga sidang TPA bisa dilaksanakan sebelum akhir masa jabatan kepala daerah," kata juru bicara Kementerian Dalam Negeri, Benny Irwan saat dihubungi, Selasa (29/8/2023).

Menurut dia, Kemendagri sudah menggelar pemeriksaan awal yang dipimpin Sekjen dan dihadiri pejabat setara eselon I lembaga tersebut. Kemendagri juga melakukan pemeriksaan profil terhadap setiap calon untuk memastikan terpenuhinya seluruh syarat menjadi seorang Pj gubernur.

"Penilaian, pandangan, data, serta informasi terhadap masing-masing calon. Itu sudah selesai dilaksanakan," ujar Benny.

Meski demikian, dia mengklaim tak hafal daftar calon Pj gubernur di 10 provinsi tersebut. Menurut dia, DPRD tiap provinsi sudah mengumumkannya kepada media dan masyarakat.