Logo Bloomberg Technoz

Sebagai negara berpenduduk majemuk unity in diversity kata Jokowi adalah semangat bangsa Indonesia dengan 270 juta penduduk yang beragam etnis dan beragam agamanya.

"Alhamdulillah kita terus kokoh bersatu bisa menjaga stabilitas politik kita dan semua ini berkat karakter moderat bangsa Indonesia yang menjaga persatuan," kata mantan Gubernur DKI Jakarta itu.

Dia mengatakan, pelaksanaan muktamar ini juga sangat penting bagi Indonesia dan akan menjadikan Indonesia sebagai contoh Islam moderat dan akan meningkatkan kepercayaan dunia terhadap Indonedia sehingga semakin diperhitungan dunia.

Dia melanjutkan, muktamar karena itu harus menjadi inspirasi sekaligus solusi bagi krisis kemanusiaan yang tengah terjadi saat ini. Apalagi diketahui saat ini sedang terjadi perang Rusia-Ukraina.

"Pelaksanaan muktamar ini juga punya arti yang sangat penting membuktikan Islam Indonesia tidak lagi berada di pinggiran tapi punya peran yang strategis berkontribusi utuk membangun peradaban dunia yang damai dan harmonis. Muktamar ini mengejawantahkan nilai-nilai luhur tasawuf, thoriqoh kepada negara masing-masing," tutupnya.

(ezr)

No more pages