Logo Bloomberg Technoz

Buka Muktamar Sufi Internasional, Jokowi Sebut Islam RI Moderat

Krizia Putri Kinanti
29 August 2023 13:45

Presiden Jokowi saat membuka Muktamar Sufi Internasional 2023, Pekalongan (YouTube Sekretariat Presiden)
Presiden Jokowi saat membuka Muktamar Sufi Internasional 2023, Pekalongan (YouTube Sekretariat Presiden)

Bloomberg Technoz, Jakarta - Presiden Joko Widodo (Jokowi) membuka Muktamar Sufi Internasional 2023 di Pekalongan, Jawa Tengah, Selasa (29/8/2023). Acara tersebut dihadiri para ulama dari dalam dan luar negeri. Pula tampak hadir Menteri Pertahanan (Menhan) Prabowo Subianto sebagai Ketua Umum Mutaqoh Internasional dan Gubernur Jawa Tengah Ganjar Pranowo.

Dalam kesempatan tersebut Presiden Jokowi mengatakan, dia berterima kasih kepada ulama yang selama ini sudah mengajarkan kerukunan, kedamaian, keharmonisan, toleransi di tengah keberagaman dan perbedaan khususnya di Indonesia.

"Peserta Muktamar yang saya hormati kita harus terus mengingatkan tentang adanya perbedaan-perbedaan tentang adanya keberagaman," kata Jokowi di Pekalongan, Jawa Tengah dikutip dari kanal Sekretariat Presiden.

Presiden kembali mengingatkan soal konsep unity in diversity 'persatuan dalam keberagaman' yang menurutnya menjadi kunci keberhasilan.

"Tapi keberagaman yang harus dilanjutkan dengan toleransi dalam menghadapi perbedaan-perbedaan yang ada, sikap moderat dan saling berinteraksi akan memungkinkan kita untuk bersatu dalam keberagaman unity in diversity," lanjut dia.