Logo Bloomberg Technoz

Pengamat Media Sosial: Dewan Medsos Jangan Jadi Tukang Blokir

Yunia Rusmalina
29 August 2023 15:25

Ilustrasi media sosial. (Photo by Juan Pablo Serrano Arenas via pexels)
Ilustrasi media sosial. (Photo by Juan Pablo Serrano Arenas via pexels)

Bloomberg Technoz, Jakarta - Pengamat Media Sosial, Enda Nasution menegaskan Dewan Media Sosial jangan sampai menjadi lembaga tukang blokir, sensor atau menjalankan fungsi ‘takedown’. Hal ini merespon wacana pembentukan Dewan Media Sosial seperti disampaikan Menteri Komunikasi dan Informatika Budi Arie Setiadi.

Enda mengaku sebagai pejabat negara idealnya wacana Dewan Media Sosial ini harus segera dituangkan dalam aturan agar memberi landasan hukum yang pasti.

“Kalau yang muncul adalah lembaga baru tukang blokir, sensor, takedown akun, ini perlu aturan yang jelas karena sifatnya membatasi hak rakyat,” ucap Enda saat berbincang dengan Bloomberg Technoz, Selasa (29/8/2023).

“Lembaga ini harus dengan mandat UU [undang-undang], bukan dalam bentuk peraturan presiden, apalagi keputusan atau peraturan menteri.”

Menurut dia prinsip kebebasan berekspresi dan berpendapat harus tetap dijaga. “Apapun yang mau dibuat harus dipastikan tidak melanggar itu. Kita gak mau balik ke masa represif orba,” ucap dia.