Logo Bloomberg Technoz

Menkominfo Gaungkan Wacana Pembentukan Dewan Medsos, Buat Apa?

Yunia Rusmalina
29 August 2023 13:15

Ilustrasi media sosial. (Photo by Tracy Le Blanc via pexels)
Ilustrasi media sosial. (Photo by Tracy Le Blanc via pexels)

Bloomberg Technoz, Jakarta - Menteri Komunikasi dan Informatika Budi Arie Setiadi mewacanakan pembentukan dewan media sosial, sebagai bagian dari usulan Organisasi Pendidikan, Keilmuan dan Kebudayaan Perserikatan Bangsa Bangsa (UNESCO).

“Pembentukan dewan media sosial masih berupa wacana yang masih dikaji dan dipertimbangkan,” kata Budi saat dikonfirmasi Bloomberg Technoz, Selasa (29/8/2023). Menurutnya tahapan diskusi masih dilakukan usai UNESCO memberi penawaran proposal tersebut bertajuk ‘Social Media Council’.

Wacana Dewan Medsos berangkat dari fenomena media sosial yang kini menimbulkan kerisauan dalam hal aspek ekonomi dan terjadi di berbagai negara. Sebelumnya Budi menyatakan proposal Dewan Media Sosial harus menyertakan publik dalam mekanisme kontrol.

“Eropa dan Amerika juga sudah risau dengan social media, jangan dipikir kita saja. Jadi mereka tawarannya itu. Jangan pakai pengawas tapi Dewan Media Sosial, karena mereka juga sudah pusing mengatur ranah digital di negara masing-masing,” ucap Budi akhir pekan lalu.

Budi memberi contoh aktivitas ekonomi semakin masif pada platform media sosial, sekaligus menjadi disrupsi e-commerce. Aktivitas social commerce makin jamak lewat praktik jual beli online melalui jaringan media sosial.