Logo Bloomberg Technoz

Alasan Capres Prabowo Subianto Pakai Nama Koalisi Indonesia Maju

Pramesti Regita Cindy
29 August 2023 11:05

Deklarasi dukungan Golkar dan PAN untuk Prabowo Subianto sebagai capres 2024 (Dok. Tim Media Prabowo)
Deklarasi dukungan Golkar dan PAN untuk Prabowo Subianto sebagai capres 2024 (Dok. Tim Media Prabowo)

Bloomberg Technoz, Jakarta - Partai-partai pengusung Prabowo Subianto sebagai calon presiden (Capres) pada Pemilu 2024 tak lagi menggunakan nama Koalisi Kebangkitan Indonesia Raya. Lima partai yang menjadi anggota tersebut memilih nama Koalisi Indonesia Maju. 

Koalisi ini terdiri dari Partai Gerindra, Partai Golkar, Partai Amanat Nasional (PAN), Partai Kebangkitan Bangsa (PKB), dan Partai Bulan Bintang (PBB). 

Ketua Umum Partai Amanat Nasional (PAN), Zulkifli Hasan mengungkap alasan lima partai tersebut memilih nama yang mirip dan identik dengan pemerintahan Presiden Joko Widodo atau Jokowi yaitu Kabinet Indonesia Maju. Pemilihan tersebut pun berlangsung saat para ketua umum partai koalisi bertemu di acara HUT PAN.

"Karena ini kelanjutan daripada apa yang sudah dilakukan pak Jokowi," kata Zulkifli, Senin (28/8/2023).

Menurut dia, koalisi dan Prabowo memang memastikan akan melanjutkan seluruh kebijakan, proyek, dan pembangunan yang sudah dimulai Presiden Jokowi dalam 10 tahun terakhir. Jika terpilih, Prabowo hanya akan menyempurnakan sejumlah kebijakan pemerintah dalam pengentasan kemiskinan dan pembangunan Indonesia sebagai negara maju.