Logo Bloomberg Technoz

Harga Saham Mobnas Listrik Vietnam Naik 668% dalam 10 Hari

News
29 August 2023 10:48

SUV listrik VF 8 VinFast akan dikirim dari Haiphong. (Linh Pham/Bloomberg)
SUV listrik VF 8 VinFast akan dikirim dari Haiphong. (Linh Pham/Bloomberg)

Esha Dey - Bloomberg News

Bloomberg, Perusahaan pembuat kendaraan listrik asal Vietnam, VinFast Auto Pte Ltd. masih merugi, namun valuasinya kini lebih tinggi dari perusahaan-perusahaan untung seperti Goldman Sachs Group Inc. dan Boeing Co.

Pada perdagangan saham Senin (28/8/2023) di bursa saham AS, harga saham Vinfast ditutup naik 20% menjadi US$82,35 per unit, menandai kenaikan harga saham 688% sejak pencatatan saham perdana (IPO) pada 15 Agustus 2023.

Saat ini valuasi VinFast sekitar US$190 miliar. Nilai ini lebih tinggi dibandingkan valuasi Goldman sebesar US$111 miliar dan Boeing sebesar US$137 miliar.  Nilai ini bahkanlebih besar dari separuh perusahaan yang tergabung dalam Dow Jones Industrial Average, dan sekitar 10 kali lebih besar dari Walgreens Boots Alliance Inc.

Valuasi Vinfast kini lebih tinggi dari Goldman Sach dan Boing (Bloomberg)

Lonjakan saham VinFast terjadi ketika pasar saham AS sedang lesu. Namun perusahaan berhasil menarik perhatian para investor ritel, jumlah saham yang beredar juga membantu memperkuat pergerakan harga saham. Opsi saham juga mulai diperdagangkan pada Senin, memberikan kesempatan kepada para investor bertaruh dengan leverage sehingga bisa meningkatkan reli harga saham.