Logo Bloomberg Technoz

Konsumen: Rangka eSAF Inden 6 Bulan atau Repaint di Bengkel Lain

Angga Indrawan
29 August 2023 11:25

Ilustrasi Pabrik Motor Honda. (Dok: AHM)
Ilustrasi Pabrik Motor Honda. (Dok: AHM)

Bloomberg Technoz, Jakarta - Konsumen motor Honda Genio-dengan rangka eSAF-- Ika (39 tahun), mengeluhkan pelayanan tentang pemeliharaan rangka eSAF saat menyambangi bengkel resmi Honda, AHASS di Kota Yogyakarta, akhir pekan kemarin. 

Keluhan dugaan karat pada rangka eSAF motor miliknya berujung pada dua solusi dari AHASS; penggantian rangka baru dengan harga Rp1,2 juta, atau pemolesan dan pengecatan ulang (repaint).

"Rangka eSAF Rp1,2 juta. itu pun indent [pesan dan menunggu] sekitar 5-6 bulan. Jika perbaikan, disarankan AHASS untuk pengecatan ulang, tapi di bengkel lain. Karena mereka tidak menerima," ujar Ika kepada Bloomberg Technoz, kemarin.

Honda Genio dibeli Ika pada Februari 2023. Motor itu sehari-hari digunakan oleh ibunya di Yogyakarta. Lokasi penggunaan sehari-hari di dalam kota, bukan daerah dengan tingkat keasinan tinggi seperti di pesisir. Mendapati kabar viral mengenai korosi pada rangka eSAF Honda, Ika berinisiatif melakukan pengecekan di AHASS.

"Usia motor baru enam bulan. Kilometer juga belum sampai 2.000, tapi kami lihat memang sudah ada banyak titik-titik karat saat dibongkar mekanik," ujar Ika.