Logo Bloomberg Technoz

Bos Federasi Bola Spanyol Diskors FIFA, Ibu Protes Mogok Makan

News
29 August 2023 09:45

Spanyol juara piala dunia wanita 2023. (Sumber: Bloomberg)
Spanyol juara piala dunia wanita 2023. (Sumber: Bloomberg)

Rodrigo Orihuela, Laura Millan dan Macarena Muñoz - Bloomberg News

Bloomberg, Presiden Federasi Sepak Bola Spanyol, Luis Rubiales, makin terjerat lebih jauh dalam skandal ketika jaksa penuntut umum membuka penyelidikan atas kontroversi ciuman yang menghebohkan publik. Kini, ibunda Rubiales muncul, dengan mengunci diri di gereja dan mogok makan sebagai pembelaan terhadap sang putra.

Rubiales berada di pusat kontroversi yang kian meluas setelah dia memegang kepala Jennifer Hermoso dengan tangannya dan menciumnya di bibir setelah timnas sepak bola wanita Spanyol memenangkan Piala Dunia. Kasus ini menutupi gegap gempita prestasi yang diraih oleh timnas, dan menyoroti ketidaksetaraan gender di negara tersebut.

Sementara itu, kantor kejaksaan di Pengadilan Tinggi Nasional Spanyol sepakat untuk membuka penyelidikan, setelah tuntutan pidana diajukan oleh pihak ketiga. Menurut juru bicara pengadilan pada Senin (28/8/2023), para pejabat juga akan menghubungi Hermoso sebagai korban atas dugaan agresi seksual, dan memberinya kesempatan untuk bersaksi.

Kasus ini makin diperumit ketika ibu Rubiales mengunci dirinya di dalam gereja di kampung halaman keluarga mereka di Motril, di wilayah selatan Andalusia. Ibu Rubiales mengatakan akan mogok makan sampai Hermoso mencabut pernyataannya, yang mengatakan ciuman itu tidak dilakukan atas dasar suka sama suka.