Logo Bloomberg Technoz

Titik Terang The Fed Jadi Angin Segar, IHSG Berpotensi Menguat

Muhammad Julian Fadli
29 August 2023 08:30

Ilustrasi Bursa Efek Indonesia. (IHSG). (Bloomberg Tachnoz/ Andrean Kristianto)
Ilustrasi Bursa Efek Indonesia. (IHSG). (Bloomberg Tachnoz/ Andrean Kristianto)

Bloomberg Technoz, Jakarta - Indeks Harga Saham Gabungan (IHSG) pada perdagangan hari ini, Selasa (29/8/2023), berpotensi bergerak di zona hijau. Prediksi IHSG hari ini melanjutkan tren penguatan yang terjadi pada perdagangan kemarin.

Adapun, pada perdagangan Senin (28/8/2023), IHSG melesat naik 26,28 poin setara 0,38%, dengan menutup perdagangan di posisi 6.921,72.

Analisis Teknikal IHSG Hari Ini Selasa 29 Agustus (Bloomberg)

Secara teknikal, IHSG berpotensi melanjutkan penguatan, dengan membentuk higher high dalam tren jangka pendek, dengan time frame daily. Target kenaikan selanjutnya menuju area level 6.948—6.980 pada resistance potensialnya. Adapun, batas resistance sebelumnya yang berhasil ditembus, kini menjadi penopang IHSG pada trendline garis hijau, di level 6.900–6.881.

Sentimen pada perdagangan hari ini datang dari global dan regional. Investor merasa lega setelah Chairman Bank Sentral Amerika Serikat atau The Federal Reserve (The Fed) Jerome Powell memberi indikasi sikap hati-hati berkaitan dengan kebijakan suku bunga.

Tim Research Phillip Sekuritas Indonesia memaparkan, dalam pidatonya di acara Jackson Hole Economic Symposium di Jackson Hole, Wyoming, Powell mengatakan kenaikan suku bunga lebih lanjut mungkin diperlukan untuk melawan inflasi. Powell juga memberi perhatian pada sinyal bahwa ekonomi AS mungkin tidak mendingin seperti yang diharapkan.