Logo Bloomberg Technoz

Gurita Bisnis HYBE: Disokong Kesuksesan BTS

Septiana Ledysia
28 August 2023 17:45

Hybe. (Dok. Hybe)
Hybe. (Dok. Hybe)

Bloomberg Technoz, Jakarta - HYBE Corp. merupakan perusahaan hiburan Korea Selatan yang menaungi 5 label seperti Pledis Entertainment, ADOR, Big Hit Music, Source Music, Belift Lab, dan KOZ Entertainment. Gurita bisnis HYBE semakin luas hingga ke Amerika Serikat (HYBE America) yang saat ini dipegang oleh Scooter Braun.

Sebelum diganti dengan nama HYBE pada Maret 2021, Bang Si Hyuk sebagai pendiri membuat label musik bernama Big Hit pada tahun 2005. Setelah memutuskan keluar dari JYP Entertainment.

Seperti diketahui, JYP Entertainment pertama kali dibangun oleh musisi Jin Young Park (JYP) bersama Bang Si Hyuk yang saat itu sebagai produser, serta seorang akuntan. Keduanya sukses mempromosikan Wonder Girls pada tahun 2009 di Amerika. 

Walau berpisah tahun 2005, JYP sempat mempercayakan manajemen 2AM kepada Big Hit Entertainment pada 2010. Hingga akhirnya 2AM keluar pada tahun 2014.

Setelah berpisah dengan JYP, Big Hit mendebutkan boy group Bangtan Boys atau kini dikenal dengan nama BTS. Pada saat awal-awal debut, BTS tidak langsung sukses. RM Cs bahkan diketahui akan bubar tahun 2017, namun lagu mereka berjudul ’Spring Day’ menjadi penyelamat karena chart lagu yang bagus di Korea Selatan.