Logo Bloomberg Technoz

GoTo Bakal Hentikan Strategi Bakar Uang

Rezha Hadyan
08 February 2023 20:20

Goto, Gojek, Tokopedia (dok Goto)
Goto, Gojek, Tokopedia (dok Goto)

Bloomberg Technoz, Jakarta - Para pemburu promo tampaknya harus gigit jari. Sebab, PT GoTo Gojek Tokopedia Tbk (GOTO) dalam waktu dekat kemungkinan besar tidak akan lagi memberikan potongan harga besar-besaran untuk produknya seperti yang dilakukan saat awal peluncurannya.

Sebab, perusahaan yang menaungi platform transportasi daring Gojek dan platform dagang Tokopedia itu memutuskan menghentikan strategi "bakar uang".  Direktur Utama GoTo Andre Soelistyo menyebut perubahan strategi tersebut akan dilakukan setelah Rapat Umum Pemegang Saham Luar Biasa (RUPSLB) pada 2 Maret 2023 mendatang.

Strategi dengan menjual produk lebih rendah dari pasar untuk menarik pengguna, sudah tidak lagi relevan dengan kondisi pengguna GoTo saat ini. "Strategi capital market sudah berubah. Di Indonesia juga sudah banyak perubahan yang penting. Kami yakin produk kami dipakai karena memang inovasinya terbaik dan nilai tambah lebih baik dari kompetitor lain," katanya kepada awak media di Kantor Pusat GoTo, Jakarta Selatan, Rabu (8/2/2023).

GOTO kini fokus mengejar keuntungan, alih-alih mencari investor baru untuk mendanai operasional seperti periode lalu. Dengan demikian diharapkan GOTO mampu menjadi perusahaan yang mandiri, tidak lagi bergantung pada suntikan modal.

"Kami tidak ingin andalkan lagi uang dari luar seperti fund rising dan lain-lainnya," tegas Andre.