Logo Bloomberg Technoz

Usai LRT Jabodebek, Luhut Sebut Peresmian Kereta Cepat Bertahap

Mis Fransiska Dewi
28 August 2023 17:35

Kereta cepat KCIC, Jakarta-Bandung (KCJB) di depo Tegalluar, Jawa Barat, Kamis (22/6/2023). (Dimas Ardian/Bloomberg)
Kereta cepat KCIC, Jakarta-Bandung (KCJB) di depo Tegalluar, Jawa Barat, Kamis (22/6/2023). (Dimas Ardian/Bloomberg)

Bloomberg Technoz, Jakarta - Menteri Koordinator bidang Maritim dan Investasi, Luhut Binsar Panjaitan mengatakan, proyek Kereta Cepat Jakarta-Bandung juga akan segera diresmikan dan beroperasi secara komersial. Hal ini disampaikan usai Presiden Joko Widodo atau Jokowi meresmikan Kereta Light Rail Transit atau LRT Jabodebek.

"Peresmiannya nanti. Saya kira presiden [Jokowi] ingin semua mencoba dulu, seperti ini [LRT Jabodebek]. Ya, bertahap lah," kata Luhut di Stasiun Cawang LRT Jabodebek, Senin (28/8/2023).

Seperti LRT Jabodebek, Kereta Cepat Jakarta—Bandung (KCJB) juga berulang kali mengalami pemunduran jadwal uji coba umum dan peresmian. Paling akhir, Presiden Jokowi rencananya akan meresmikan kereta cepat pada akhir September dan operasi komersial pada 1 Oktober 2023.

Hal ini ditetapkan meski Luhut sendiri sudah beberapa kali mencoba proyek hasil kerja sama Indonesia dan China tersebut. Bahkan, KCIC sudah mencoba memacu rangkaian kereta tersebut dengan kecepatan hingga 350 km/jam pada jalur sepanjang 142,3 km, Juli lalu.

Belakangan, KCIC kabarnya butuh menyempurnakan sejumlah sistem untuk memastikan aspek keamanan dan kenyamanan penumpang. Selain itu, beberapa stasiun juga mengalami kendala dan kesalahan pembangunan infrastruktur.