Logo Bloomberg Technoz

Pemerintah Lelang Sukuk Besok, Target Rp6 T

News
28 August 2023 16:29

Ilustrasi Obligasi. (Bloomberg Technoz/ Andrean Kristianto)
Ilustrasi Obligasi. (Bloomberg Technoz/ Andrean Kristianto)

Bloomberg Technoz, Jakarta - Di tengah gejolak pasar yang masih digelayuti berbagai sentimen, mulai dari nada hawkish Federal Reserve yang makin kuat ditambah sedikit optimisme dari China yang terus mengupayakan perbaikan kepercayaan dari para pemodal, Indonesia akan menggelar lelang Surat Utang Negara Syariah (SBSN) alias sukuk Selasa esok.

Lelang sukuk negara akan dilangsungkan besok mulai pukul 09.00 WIB dengan target indikatif Rp6 triliun. Berdasarkan pengumuman dari Kementerian Keuangan RI, ada enam seri yang akan dilelang besok di mana kesemuanya adalah reopening atau pembukaan lagi seri lama.

Bila berkaca pada gelar lelang surat utang konvensional (SUN) sebelumnya, animo pemodal terlihat mulai meningkat akan tetapi karena yield yang diminta masih terlalu tinggi, ditambah lebih rendahnya kebutuhan pemerintah menerbitkan obligasi, nilai penawaran masuk yang diserap hanya setengah dari target indikatif lelang.

Lelang sukuk besok kemungkinan juga akan mencatat animo yang mulai meningkat meski masih dibayangi oleh sentimen negatif pasca pernyataan Jerome Powell, Ketua the Fed, akhir pekan lalu.

Hari ini, pergerakan harga surat utang negara bervariasi. Untuk INDOGB 10 tahun, imbal hasilnya terpantau melandai, sementara yield 2 tahun melanjutkan reli kenaikan.