Logo Bloomberg Technoz

China Serukan Boikot Imbas Limbah Nuklir, Saham Jepang Merosot

News
28 August 2023 17:25

Bendara Jepang. (Dok Ting Shen/Bloomberg)
Bendara Jepang. (Dok Ting Shen/Bloomberg)

Winnie Hsu dan Shirley Zhao - Bloomberg News

Bloomberg, Setelah Jepang membuang air limbah yang telah diolah dari pembangkit tenaga nuklir Fukushima yang hancur ke Samudera Pasifik, para pengguna internet di China pun menyerukan boikot pada produk-produk Jepang. Saham-saham perusahaan Jepang yang sangat bergantung pada permintaan dari China pun merosot.

Saham perusahaan kosmetik berbasis di Tokyo, Shiseido Co., turun 2,6% ke level terendah dalam sembilan bulan, di hari ketika Indeks Topix mengalami kenaikan 1,5%. Berdasarkan data yang dikompilasi oleh Bloomberg, pendapatan perusahaan tersebut dari China menyumbang 30% dari total pendapatan.

Para rival lokal Shiseido, termasuk Pola Orbis Holdings Inc. dan Kose Corp., juga mengalami penurunan. Saham toko serba ada Takashimaya Co. turun lebih dari 3%, dan saham operator Don Quijote, Pan Pacific Holdings Corp., turun lebih dari 4%.

Kabar ini menyusul pengumuman yang dibuat oleh China pekan lalu, bahwa mereka akan menghentikan impor produk perikanan dari Jepang. Kementerian Luar Negeri China mengatakan dalam sebuah pernyataan bahwa mereka telah meminta Jepang untuk "menghentikan pelanggaran ini."