Logo Bloomberg Technoz

"Lonjakan di awal hari ini sedikit terlalu kuat, dan tingkat kegembiraan seperti itu membuat beberapa orang menarik dananya," kata Lin Menghan, seorang manajer dana di Shanghai Xiejie Asset Management Co.

Ilustrasi properti China (Sumber: Bloomberg)

Apa yang terjadi pada Senin ini menunjukkan bahwa investor asing perlu melihat langkah-langkah konkret yang bertujuan untuk memulihkan ekonomi sebelum kembali ke pasar China. Investor dunia telah menjual sekitar US$1,1 miliar saham, menurut data yang dikumpulkan oleh Bloomberg.

Sebagai informasi, China terakhir kali memangkas pajak perdagangan saham pada April 2008, yang memicu lonjakan 9,3% di Indeks Shanghai Composite pada sesi berikutnya dan memicu ledakan bullis ke tahun berikutnya.

Perubahan kali ini diharapkan akan membawa sekitar 750 miliar yuan (Rp1.573 trilium) dana baru ke pasar setiap tahun, menurut perkiraan dari Huatai Securities. Sementara itu, beberapa saham properti melonjak hingga batas harian setelah regulator mengatakan sektor yang sedang dalam masalah ini dibebaskan dari pembatasan refinancing baru.

—Dengan asistensi Iris Ouyang, Zhu Lin, dan Wenjin Lv.

(bbn)

No more pages