Logo Bloomberg Technoz

Curhat Konsumen Honda: AHASS Saran Beli Rangka Baru Rp1,2 Juta

Angga Indrawan
28 August 2023 16:00

Ilustrasi penjualan sepeda motor Astra Honda Motor (AHM). (Bloomberg Technoz/ Andrean Kristianto)
Ilustrasi penjualan sepeda motor Astra Honda Motor (AHM). (Bloomberg Technoz/ Andrean Kristianto)

Bloomberg Technoz, Jakarta - Ika (39 tahun), pegawai swasta harus menahan kesal yang tak keruan. Bengkel resmi Honda, AHASS, menawarkan pilihan pembelian rangka eSAF baru atas temuan dugaan karat di motor Genio 2023 milik orang tuanya yang berdomisili di Yogyakarta.

"Saya belikan baru untuk orang tua, Honda Genio 2023. Pembelian Februari tahun ini," ujar Ika, mengawali ceritanya kepada Bloomberg Technoz, Senin (28/8/2023).

Ika mengaku khawatir atas viral rangka eSAF dan bergegas untuk mengecek kondisi rangka motor milik ibunya. Honda Genio merupakan salah satu merek motor Honda dengan teknologi rangka eSAF, selain Honda Vario 160, All Beat, juga Scoopy.

"Benar saja saat dibuka kita lihat karat semua, meskipun mekanik dari AHASS bilang itu silikat. Tapi sudah kami cek berkali-kali jelas karatan di mana-mana," jelas Ika. "Padahal motor baru sekitar enam bulan. kilometer bahkan masih di bawah 2.000."

Ilustrasi rangka Honda Genio milik Ika. (Dok: Ika)

Namun demikian, keluarga Ika menghindari perdebatan dengan mekanik mengenai dugaan karat di rangka eSAF Honda Genio miliknya. Keluarganya hanya mendapatkan saran jika hendak ingin mengganti rangka, maka bisa menebus seharga Rp1,2 juta.