Logo Bloomberg Technoz

Buwas: Stok Aman, Setop Isu Negatif Kita Kekurangan Beras

Yunia Rusmalina
28 August 2023 14:10

Pedagang melayani pembeli beras di Pasar Minggu, Jakarta, Selasa (18/4/2023). (Bloomberg Technoz/ Andrean Kristianto)
Pedagang melayani pembeli beras di Pasar Minggu, Jakarta, Selasa (18/4/2023). (Bloomberg Technoz/ Andrean Kristianto)

Bloomberg Technoz, Jakarta - Direktur Utama  Perum Bulog, Budi Waseso menegaskan stok beras 1,6 juta ton sudah sangat aman untuk masyarakat. Buwas, sapaan akrabnya, meminta masyarakat berhenti meniupkan isu negatif tentang Indonesia kekurangan beras.

Hal itu disampaikan Buwas saat menggelar operasi pasar di Pasar Perumnas Klender, Jakarta Timur, Senin (28/08/2023). Buwas hadir dalam 'gerebek' pasar bersama Kepala  Badan Pangan  Nasional (Bapanas ) Arief Prasetyo Adi.

"Jangan sampai ada isu negatif kalau beras itu kurang. Kita punya beras 1,6 juta ton dan ini semuanya premium," kata Buwas, Senin (28/8/2023).

Buwas mengingatkan bahwa saat ini pihaknya mempunyai banyak pilihan kemasan untuk membeli beras. Alasannya, Bulog saat ini juga sedang mempersiapkan beras dengan ukuran  1 kilogram. Kemasan 1 kilogram dibuat jika masyarakat tidak bisa membeli beras per 5 kiloan yang dibanderol dengan harga Rp47 ribu.

“Agar menjadi tepat sasaran sehingga tidak ada lagi tuh penimbunan beras,” tuturnya. Penyaluran beras langsung ke konsumen akhir ini dilakukan pemerintah lewat program Stabilitas Pangan dan Harga Pangan (SPHP).