Logo Bloomberg Technoz

Upaya Pemerintah Atasi Polusi Udara: WFH hingga Hujan Buatan

Septiana Ledysia
28 August 2023 13:05

Polusi Udara Kota Jakarta, Rabu, 23 Agustus 2023. (Bloomberg Technoz/Houtman Saragih)
Polusi Udara Kota Jakarta, Rabu, 23 Agustus 2023. (Bloomberg Technoz/Houtman Saragih)

Bloomberg Technoz, Jakarta - Pemerintah pusat maupun daerah berjibaku untuk mengurangi polusi udara di Jakarta yang setiap hari semakin buruk. Dari pemberlakuan uji emisi bagi kendaraan hingga hujan buatan.

Tingkat polusi di, Senin (28/8) siang yang dilihat di iqair.com menunjukkan kategori tidak sehat dengan 159 AQI. Hal ini membuat pemerintah berjibaku untuk mengembalikan kualitas udara di Jakarta kembali sehat.

Pertama yang telah dilakukan adalah Pemprov DKI Jakarta dengan memberlakukan work from home (WFH) untuk para aparat sipil negara (ASN). Namun langkah tersebut sepertinya tidak berpengaruh besar.

Setelah itu, Pemprov DKI dan Kepolisian Daerah (Polda) Metro Jaya menggelar sosialisai atau pra-tilang uji emisi kendaraan yang melintas di jalanan ibu kota. Pengguna sepeda motor yang melanggar akan terkena tilang Rp250 ribu, sedangkan mobil Rp500 ribu. 

Fase uji coba telah dilakukan di lima titik. Lokasi razia di Jakarta Timur akan berlangsung pada Jalan Perintis Kemerdekaan; Jakarta Utara di Jalan RE Martadinata; Jakarta Barat di Kawasan Taman Anggrek; Jakarta Selatan di Terminal Blok M; dan Jakarta Pusat di Jalan Asia Afrika. Lagi-lagi tak berpengaruh banyak dengan kualitas udara di Jakarta.