Logo Bloomberg Technoz

Harga Logam Kompak Naik Berkat Janji China Benahi Krisis Properti

News
28 August 2023 10:45

Ilustrasi Peleburan Logam (Sumber: Bloomberg)
Ilustrasi Peleburan Logam (Sumber: Bloomberg)

Liz Yee Xing Ng - Bloomberg News

Bloomberg, Harga komoditas logam dasar naik di Shanghai Futures Exchange setelah media milik pemerintah China menyatakan pihak berwenang Beijing akan menerapkan langkah-langkah untuk meningkatkan pasar saham dan propertinya.

Tembaga melonjak ke level tertinggi dalam lebih dari tiga pekan. Harga tembaga naik 0,3% menjadi 69.160 yuan per ton pada 10:41 waktu Shanghai, Senin (28/8/2023), sementara aluminium juga naik tipis. Bijih besi di Singapura menguat. London Metal Exchange ditutup untuk hari libur umum Inggris.

China berada di bawah tekanan untuk menerapkan langkah-langkah stimulus baru karena konsumen logam terbesar di dunia ini sedang berjuang untuk keluar dari keterpurukan ekonomi pascapandemi, dengan sektor konstruksi yang sangat terpukul.

Beijing sedang berupaya untuk memotong pajak perdagangan sahamnya serta menghapus aturan yang mendiskualifikasi orang-orang yang dianggap sebagai pembeli rumah pertama kali di kota-kota besar jika mereka sudah memiliki hipotek sebelumnya, tulis China Securities Journal milik negara di halaman depan kolom komentar, Senin (28/8/2023).