Logo Bloomberg Technoz

LRT Jabodebek Beroperasi Tanpa Masinis, Apakah Aman?

Mis Fransiska Dewi
28 August 2023 10:35

Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi meninjau uji coba tahap akhjir LRT Jabodebek sebelum beroperasi saat perayaan HUT RI. (dok: dephub.go.id)
Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi meninjau uji coba tahap akhjir LRT Jabodebek sebelum beroperasi saat perayaan HUT RI. (dok: dephub.go.id)

Bloomberg Technoz, Jakarta - Presiden Joko Widodo (Jokowi) meresmikan operasional Lintas Rel Terpadu atau light rail transit Jakarta Bogor Depok Bekasi (LRT Jabodebek), transportasi massal terbaru yang sempat bikin deg-degan. 

Hal ini setidaknya disampaikan oleh dua menteri yang ikut dalam peresmian, Menteri BUMN Erick Thohir dan Menteri Keuangan Sri Mulyani. Namun Erick menyatakan telah diupayakan sinkronisasi sistem hingga kepastian keselamatan penumpang tetap menjadi prioritas.

“Ini sebuah kemajuan teknologi yang saya rasa masyarakat masih deg-degan tapi inilah yang kita harapkan kenapa sejak kemarin kita melakukan sinkronisasi sistem supaya keselamatan penumpang menjadi prioritas,” kata Erick di Jakarta, Senin (28/8/2023).

Menkeu Sri Mulyani menambahkan  hal yang membuatnya deg-degan karena LRT Jabodebek berjalan tanpa masinis. Artinya perjalanan kereta di atas tiang-tiang ini murni menggunakan teknologi canggih.

“Saya excited sambil deg-degan, naik kereta api selalu ada masinisnya. jadi ini merupakan suatu pembelajaran bagi masyarakat teknologi bisa memecahkan masalah masyarakat,”  ucap Sri Mulyani.