Logo Bloomberg Technoz

"KAI, INKA dan banyak BUMN lainnya berperan dalam pembangunan ini. Semua berkolaborasi. Kita makin berharap transportasi massal ini juga dapat memperbaiki kualitas udara baik di Jakarta maupun daerah sekitarnya," tegas dia.

"Saya berharap keberadaan LRT ini membuat Indonesia semakin maju, dan kita punya tanggung jawab untuk memeliharanya," kata dia menegaskan.

Presiden Joko Widodo meresmikan beroperasinya LRT Jabodebek, Senin (28/8/2023). Peresmian dilakukan Jokowi dengan melakukan tap kartu di Stasiun Cawang, Jakarta Timur. Jokowi optimistis keberadaan LRT akan berdampak positif mengurangi kemacetan ibu kota.

"Hari ini Alhamdulillah LRT sudah siap dioperasikan baik yang dari Haryamukti di Cibubur dan dari bekasi ke Jakarta sepanjang 41,2 km dan menghabiskan anggaran rp 32,6 triliun," tegas Jokowi.

"Dengan mengucap bismillahirahmanirahim saya resmikan kereta api ringan LRT terintegrasi wilayah Jakarta Bogor Depok dan Bekasi. Terima kasih," ujar Jokowi.

Kereta Lintas Rel Terpadu (LRT) berada di Depo LRT Jabodebek, Jatimulya,Kamis (6/7/2023). (Bloomberg Technoz/ Andrean Kristianto)

Kementerian Perhubungan melalui Direktorat Jenderal Perkeretaapian (DJKA) menetapkan tarif promo berupa diskon sebesar 78% yang diwujudkan dalam tarif flat sebesar Rp5.000 untuk seluruh lintas pelayanan kereta Light Rail Transit atau LRT Jabodebek. Masyarakat dapat menikmati tarif promo ini hinga Akhir September 2023

Usai promo tarif flat, Kemenhub akan memberikan potongan harga tiket terjauh pada layanan LRT Jabodebek sebesar Rp20.000. Padahal, tarif terjauh kereta ringan dengan rute Stasiun Harjamukti, Cibubur-Jatimulya, Bekasi sepanjang 33 km adalah Rp27.400.

Selain itu, tarif perjalanan untuk rute Stasiun Dukuh Atas, Jakarta-Jatimulya, Bekasi sepanjang 28 Km adalah Rp23.900. Sedangkan tarif rute Stasiun Dukuh Atas, Jakarta-Harjamukti, Cibubur sepanjang 25 Km mencapai Rp21.800. Skema tarif ini mulai diberlakukan pada awal bulan Oktober 2023 sampai dengan akhir Februari 2024.
 
Pemberian tarif promo ini menggunakan subsidi dari pemerintah menggunakan skema Kewajiban Pelayanan Publik/Public Service Obligation (PSO). Besaran PSO yang diberikan untuk subsidi tarif dari mulai beroperasi sampai dengan akhir tahun 2023 mencapai Rp66 Miliar. 

(ain)

No more pages