Logo Bloomberg Technoz

IHSG Menguat 0,39% di Tengah Sikap Hawkish The Fed

Muhammad Julian Fadli
28 August 2023 09:06

Karyawan melihat layar pergerakan Indeks Harga Saham Gabungan (IHSG) di Bursa Efek Indonesia (BEI). (Bloomberg Technoz/ Andrean Kristianto)
Karyawan melihat layar pergerakan Indeks Harga Saham Gabungan (IHSG) di Bursa Efek Indonesia (BEI). (Bloomberg Technoz/ Andrean Kristianto)

Bloomberg Technoz, Jakarta - Indeks Harga Saham Gabungan (IHSG) pada perdagangan hari ini, Senin (28/8/2023), dibuka menguat. Pada pukul 9.03, indeks mengalami kenaikan 26,92 poin atau setara dengan 0,39% ke level 6.922,37.

Berdasarkan data perdagangan Bursa Efek Indonesia, volume perdagangan tercatat 808 juta saham dengan nilai transaksi Rp274 miliar. Adapun frekuensi yang terjadi sebanyak 43.321 kali.

Sebanyak 248 saham menguat dan hanya 92 saham melemah. Sementara, 213 saham tidak bergerak.

Sentimen pada perdagangan hari ini datang dari global dan regional. Investor mencermati komentar tegas (Hawkish) dari pejabat tinggi Bank Sentral Amerika Serikat (Federal Reserve/The Fed) termasuk Gubernur The Fed, Jerome Powell yang memberikan indikasi suku bunga acuan akan tetap tinggi untuk waktu yang lebih lama.

Seperti yang diwartakan Bloomberg News, Jerome Powell menegaskan The Fed siap untuk menaikkan suku bunga acuan Fed Fund Rate lebih lanjut jika diperlukan dan bermaksud untuk menjaga biaya pinjaman tetap tinggi sampai inflasi berada pada jalur yang meyakinkan menuju target 2%.