Logo Bloomberg Technoz

Tarif LRT Jabodebek Flat Rp5.000 Hingga Akhir September 2023

Fransisco Rosarians Enga Geken
27 August 2023 21:21

Kereta Lintas Rel Terpadu (LRT) Jabodebek di Stasiun LRT Dukuh Atas, Jakarta, Kamis (6/7/2023). (Bloomberg Technoz/ Andrean Kristianto)
Kereta Lintas Rel Terpadu (LRT) Jabodebek di Stasiun LRT Dukuh Atas, Jakarta, Kamis (6/7/2023). (Bloomberg Technoz/ Andrean Kristianto)

Bloomberg Technoz, Jakarta - Kementerian Perhubungan melalui Direktorat Jenderal Perkeretaapian (DJKA) menetapkan tarif promo berupa diskon sebesar 78% yang diwujudkan dalam tarif flat sebesar Rp5.000 untuk seluruh lintas pelayanan kereta Light Rail Transit atau LRT Jabodebek. Masyarakat dapat menikmati tarif promo ini hinga Akhir September 2023
 
“Tarif promo ini kami berikan dalam rangka memperingati HUT Kemerdekaan RI ke 78, serta untuk memperkenalkan LRT Jabodebek kepada masyarakat," kata juru bicara Kementerian Perhubungan, Adita Irawati, Minggu (27/8/2023). "Melalui pemberian tarif promo ini, diharapkan akan mendorong masyarakat untuk beralih menggunakan angkutan massal ketimbang kendaraan pribadi.”
 
Usai promo tarif flat, Kemenhub akan memberikan potongan harga tiket terjauh pada layanan LRT Jabodebek sebesar Rp20.000. Padahal, tarif terjauh kereta ringan dengan rute Stasiun Harjamukti, Cibubur-Jatimulya, Bekasi sepanjang 33 km adalah Rp27.400.

Selain itu, tarif perjalanan untuk rute Stasiun Dukuh Atas, Jakarta-Jatimulya, Bekasi sepanjang 28 Km adalah Rp23.900. Sedangkan tarif rute Stasiun Dukuh Atas, Jakarta-Harjamukti, Cibubur sepanjang 25 Km mencapai Rp21.800.

"Skema tarif ini mulai diberlakukan pada awal bulan Oktober 2023 sampai dengan akhir Februari 2024," kata Adita.
 
Pemberian tarif promo ini menggunakan subsidi dari pemerintah menggunakan skema Kewajiban Pelayanan Publik/Public Service Obligation (PSO). Besaran PSO yang diberikan untuk subsidi tarif dari mulai beroperasi sampai dengan akhir tahun 2023 mencapai Rp66 Miliar. 

"Jumlah ini di luar pemberian subsidi untuk prasarana,” ujar Adita.
 
Sebagai informasi, tarif LRT Jabodebek sudah ditetapkan melalui Keputusan Menteri Perhubungan Republik Indonesia Nomor KM 67 Tahun 2023 tentang Tarif Angkutan Orang dengan Kereta Api Ringan Terintegrasi di Wilayah Jakarta, Bogor, Depok, dan Bekasi untuk Melaksanakan Kewajiban Pelayanan Publik.
 
Berdasarkan regulasi ini, tarif dasar LRT Jabodebek ditetapkan mulai Rp 5.000 untuk 1 km pertama, dan mengalami penambahan sebesar Rp 700 per Km selanjutnya. 

Pemerintah memberikan subsidi PSO dengan membiayai selisih dari biaya yang diusulkan oleh operator LRT Jabodebek, agar biayanya lebih terjangkau bagi masyarakat banyak, Tarif yang telah ditetapkan ini telah dikaji tim independen Polar UI dan PWC bersama Operator dan Kementerian Perhubungan.