Logo Bloomberg Technoz

“Penyelenggaraan perlindungan konsumen akan terus ditingkatkan sebagai wujud kehadiran pemerintah dalam melindungi konsumen Indonesia," ujar Moga.

Dalam pertemuan dengan Kemendag, Direktur Produksi AHM David Budiono mengatakan, sepeda motor Honda yang menggunakan rangka eSAF diproduksi di dalam negeri sejak 2019 dan telah lulus proses pengujian dari instansi pembina. Bahkan, kata dia produk rangka tersebut telah diekspor ke beberapa negara. 

Menurut David, AHM pernah menerima beberapa pengaduan konsumen yang mengalami kendala atas penggunaan sepeda motor honda rangka eSAF dan telah diselesaikan di bengkel-bengkel resmi AHM.

AHM, kata dia, juga telah melakukan investigasi terhadap produk Honda yang digunakan konsumen mengalami keropos dan patah. Salah satu temuannya, rangka sepeda motor tersebut rusak karena sering terkena air laut. Namun, sepeda motor tersebut ternyata produk lama dan tak menggunakan rangka  jenis eSAF. 

“Masalah yang nampak seperti karat yang menempel pada rangka sepeda motor yang dikeluhkan merupakan  silikat yang berfungsi melapisi hasil pengelasan sehingga membantu mencegah terjadi oksidasi atau karat pada rangka serta membuat hasil pengelasan  lebih  optimal," kata David. 

Dalam proses produksi, menurut dia, proses ini adalah sesuatu yang normal dan tidak berbahaya. Dia mengklaim, pemilik sepeda motor baru tidak perlu khawatir karena tidak berpengaruh pada kenyamanan dan keamanan berkendara.

Sasis eSAF diklaim unggul dibandingkan teknologi sasis tube. Berat eSAF diklaim lebih ringan 4 kilogram, atau total akhir berat rangka di angka 11 kilogram. Hal ini menjadikan eSAF diklaim lebih nyaman.

Jenis motor Honda yang menggunakan teknologi eSAF pada rangkanya antara lain:

1. Honda Genio
Teknologi eSAF pertama kali digunakan Honda pada merek Genio di 2019. Eksperimen Honda dalam perluasan ruang melalui eSAF, membuat bagasi motor pada merek ini mencapai 14 liter dengan tangki bahan bakar 4,2 liter.

2. All New Honda BeAT 
Semua varian All New Honda Beat 2020 mengusung teknologi baru dalam hal rangka motor.

3. Honda Vario 160
Honda Vario 160 pada awal tahun 2022 menggunakan sistem eSAF pada rangka dikonfirmasi dalam laman spesifikasi Astra Motor.

4. Honda Scoopy
Tipe rangka eSAF juga disematkan kepada merek Scoopy yang dirilis pada 2023. Sistem eSAF membuat Honda Scoopy naik volume bagasinya menjadi 15,4 liter dengan tangki bahan bakar 4,2 liter.

(frg)

No more pages