Logo Bloomberg Technoz

Saat ini, ada 24 provinsi yang dihitung berdasarkan kuota provinsi. Di luar itu, terdapat 128 kota/kabupaten yang tidak menggunakan kuota provinsi, melainkan kuota kota/kabupaten.

Waktu tunggu lama

Faktor yang mempengaruhi lamanya waktu tunggu keberangkatan antara lain jumlah pendaftar dan kuota tiap provinsi atau kota/kabupaten. Jadi, jika semakin banyak pendaftar, maka akan semakin lama waktu tunggunya.

Merujuk data Kemenag, wilayah terlama yang menunggu keberangkatan haji saat ini yakni Kabupaten Bantaeng Provinsi Sulawesi Selatan yang mempunyai waktu menunggu terlama yakni 48 tahun. Untuk waktu tersingkat dipegang oleh Kab. Maluku Barat Daya yakni 11 tahun.

Hal tersebut, kata Muhadjir, menyebabkan banyak masyarakat Indonesia yang berangkat haji pada saat usianya telah memasuki senja.

Berdasarkan data penyelenggaraan haji pada 2023, menunjukkan bahwa sebanyak 43,78% jemaah haji Indonesia telah berusia lebih dari 60 tahun. Sedangkan, jemaah haji Indonesia yang meninggal pada tahun itu mencapai 774 orang atau 3,38 permil dengan mayoritas berumur lansia.

"Dari data tersebut, secara epidemiologi, jemaah haji lansia mempunyai risiko 7,1 kali lebih besar untuk meninggal dibandingkan jamaah haji bukan lansia, dengan penyakit penyebab kematian terbanyak adalah sepsis (infeksi yang menimbulkan kegagalan organ), syok kardiogenik (ketidakmampuan jantung memompa darah), serta penyakit jantung koroner."

(ibn/ggq)

No more pages