Logo Bloomberg Technoz

Mal Sepi Pengunjung, Minimarket Malah Melambung

Muhammad Julian Fadli
08 February 2023 16:01

Ilustrasi Gerai Indomaret (Dimas Ardian/Bloomberg)
Ilustrasi Gerai Indomaret (Dimas Ardian/Bloomberg)

Bloomberg Technoz, Jakarta - Ramai diperbincangkan di dunia maya terkait dengan pusat perbelanjaan di Jakarta dan Tangerang yang terlihat sepi pengunjung. Terpantau, di WTC Mangga Dua, Mal Ambassador, dan Grand Mall Serpong banyak penyewa yang sudah tutup, arus pengunjung juga sangat sedikit.

Berbeda halnya dengan jumlah minimarket yang terus mencatatkan pertumbuhan, bahkan emiten PT Sumber Alfaria Trijaya Tbk. (Induk Alfamart) terus menggencarkan ekspansinya.

Setala, emiten PT Indoritel Makmur Internasional Tbk. (Induk Indomaret) juga melanjutkan tren pembukaan gerai barunya, baik di Jakarta, Pulau Jawa, maupun sekitarnya.

Menelusuri lebih lanjut, sepanjang 2022, Alfamart telah membuka 893 gerai baru dan 312 gerai baru dengan mekanisme waralaba (franchise). Dengan total keseluruhan per September 2022, Alfamart sudah memiliki total 20.015 gerai yang beroperasi secara efektif.

Sementara itu, Indomaret juga mencatatkan pertumbuhan, per Desember 2021 total jumlah gerai mencapai 19.561, tumbuh 7% secara tahunan.