Logo Bloomberg Technoz

Dubes RI: 3 WNI yang Hilang Ditemukan, 2 Lainnya Masih Dicari

Sultan Ibnu Affan
08 February 2023 16:26

Duta Besar Indonesia untuk Turki, Lalu Muhammad Iqbal (Tangkapan layar via instagram @iqbal_lalu_muhamad)
Duta Besar Indonesia untuk Turki, Lalu Muhammad Iqbal (Tangkapan layar via instagram @iqbal_lalu_muhamad)

Bloomberg Technoz, Jakarta - Kedutaan Besar Republik Indonesia (KBRI) Ankara telah menemukan tiga dari lima WNI yang sempat hilang kontak akibat gempa Turki berkekuatan M 7,8. Ketiganya dalam kondisi selamat di kawasan Hatay.

Dalam keterangan resminya, tiga WNI yang telah ditemukan tersebut bernama Fira Ayu bersama dua anaknya. “Alhamdulillah setelah melakukan pelacakan ke lokasi tempat tinggal, Ibu Ayu Fira dan anaknya sudah kami temukan dalam keadaan selamat,” kata Suryonurwendo, Sekretaris 3 Perlindungan WNI KBRI Ankara yang juga memimpin tim evakuasi di Hatay, Rabu (8/2/2023).

Di sisi lain, tim evakuasi pimpinan Komisaris Besar Budi Wardiman masih berupaya menemukan dua WNI lain yang berada di Diyarbakir. Keduanya bekerja sebagai terapis spa di kawasan tersebut. Upaya pelacakan tersebut dilakukan bersamaan dengan proses evakuasi terhadap 20 WNI di wilayah Diyarbakir dan Malatya.

“Kami sudah tiba di Diyarbakir dan masih terus berkomunikasi dengan otoritas setempat serta simpul masyarakat Indonesia untuk mengidentifikasi 2 WNI di Diyarbakir yang hingga saat ini masih belum bisa dihubungi,” kata Budi.

Situasi Usai Gempa Bumi di Turki (Sumber: Bloomberg)

Sebelumnya, KBRI Ankara telah mengumumkan bahwa lima orang WNI dinyatakan hilang. Angka ini di luar  seorang WNI asal Bali yang meninggal dunia akibat tertimpa reruntuhan bangunan di Kahramanmaras.