Logo Bloomberg Technoz

Peristiwa tersebut mengingatkan publik pada saat 2005 ketika sebuah surat kabar Denmark menerbitkan 12 gambar Nabi Muhammad, yang memicu krisis diplomatik. Saat itu, pemerintah Denmark mengatakan kartun tersebut dilindungi oleh kebebasan berpendapat dan tidak dapat melakukan intervensi.

Larangan baru ini akan mencakup buku-buku seperti Alquran, Alkitab dan Taurat, kata menteri kehakiman. Ini akan mencakup acara-acara yang terjadi di ruang publik serta acara-acara pribadi yang dimaksudkan “untuk disebarkan lebih luas,” yang mencakup berbagi gambar secara online, kata menteri. 

Hukuman bagi yang melanggar hukum berkisar dari denda hingga dua tahun penjara.

Pembakaran kitab suci Al-Quran di Denmark dilakukan oleh sekelompok kecil orang dari gerakan sayap kanan. Seorang warga Iran juga membakar Alkitab dan Taurat di luar kedutaan Israel di Kopenhagen sebagai protes pembalasan.

Ada risiko nyata serangan teror di negara Nordik tersebut dan terhadap kedutaan besarnya di luar negeri, kata Menteri Luar Negeri Lars Lokke Rasmussen pada acara yang sama, mengacu pada ancaman yang baru-baru ini dilakukan oleh al-Qaeda.

“Ini adalah sinyal politik penting yang dikirimkan Denmark ke seluruh dunia saat ini,” kata menteri luar negeri. 

(bbn)

No more pages