Logo Bloomberg Technoz

Namun saat dihubungi Bloomberg News, pejabat federasi sepak bola menolak untuk berkomentar. 

Sejumlah klub profesional pada Kamis (24/8/2023) mengeluarkan pernyataan yang meminta Rubiales mengundurkan diri. Termasuk di antaranya Club Atletico de Madrid, yang merupakan salah satu klub paling berpengaruh di Spanyol.

Serikat yang mewakili Hermoso menyebut tindakan Rubiales "tidak dapat diterima." Sementara FIFA membuka proses disipliner terhadap Rubiales.

Perdana Menteri (PM) sementara Spanyol Pedro Sanchez, ikut mengkritik tindakan Rubiales pekan ini. Dia mengatakan insiden yang terjadi menunjukkan bahwa Spanyol masih jauh dari kesetaraan. Sementara liga sepak bola wanita Spanyol mengajukan keluhan.

Pemain bintang AS, Megan Rapinoe, mengatakan insiden itu membuatnya "berpikir tentang seberapa besar kami harus menanggungnya." Dan gestur kasar tersebut menunjukkan "tingkat misogini dan seksisme yang begitu dalam di federasi dan pada pria tersebut."

Skandal ini adalah kontroversi terbaru mengenai kesetaraan dalam olahraga. Sepak bola wanita sebelumnya telah mengalami kesenjangan dalam gaji dan kekurangan pendanaan. Ditambah dengan hak siar dan sponsor yang jauh tertinggal dari sepak bola pria.

Piala Dunia Wanita telah menarik perhatian para pemimpin olahraga setelah Presiden FIFA, Gianni Infantino, mengatakan bahwa para pemain wanita terbaik di dunia dapat mencapai kesetaraan gaji jika mereka "meyakinkan kami pria" terlebih dahulu.

Awalnya, Rubiales menyebut masalah ciuman tersebut sebagai hal yang "tidak masuk akal". Tetapi, dia mengatakan harus mengeluarkan video tanggapan dan perlu meminta maaf karena tidak ada "niat buruk dari pihak manapun dalam ciuman tersebut."

Rubiales sebelumnya telah dikecam atas penanganannya terhadap keluhan yang menyebabkan sejumlah pemain wanita bintang Spanyol memboikot Piala Dunia. Kala itu, para pemain menolak bermain untuk pelatih Jorge Vilda karena gaya manajemennya.

--Dengan asistensi dari Irene García Pérez.

(bbn)

No more pages