Logo Bloomberg Technoz

ESAF menggantikan teknologi sebelumnya untuk sasis berbentuk tubular. Teknologi eSAF diklaim menghasilkan bobot rangka yang lebih ringan dan ciamik saat bermanuver. Pada intinya, eSAF dirancang ringan dan tangguh.

Penjualan Turun

Dirangkum Bloomberg Technoz, penjualan motor Honda pada GIIAS 2023 mencatatkan angka penjualan sebanyak 1.251 unit. Jika dibandingkan dengan angka penjualan Honda pada GIIAS 2022, raihan ini diketahui mengalami penurunan. Dilansir dalam laman resmi Astra Honda, pada GIIAS 2022, Honda mencatatkan penjualan sebanyak 1.882 unit. 

Penurunan angka jual terjadi pada motor Honda dengan spesifikasi rangka eSAF. Pada GIIAS tahun ini, AHM mengklaim Honda BeAT series 'mendapat kepercayaan' untuk menemani berkendara 217 konsumen. Angka ini sejatinya turun dibandingkan rapor GIIAS sebelumnya. Pada gelaran GIIAS 2022, Honda BeAT series terjual sebanyak 280 unit.

Penurunan angka penjualan juga terjadi pada merek Honda Scoopy dengan teknologi eSAF yang juga disematkan para insinyur Honda. Pada GIIAS 2023, Skutik fashionable design itu menyedot penjualan sebanyak 252 unit. Padahal setahun sebelumnya, Honda Scoopy menyabet penjualan sebanyak 335 unit.

Kontribusi terhadap Astra

Penjualan motor Grup Astra dilakukan melalui PT Astra Honda Motor (AHM). Astra international, berdasarkan laporan keuangan terbaru, memiliki 50% distributor kendaraan roda dua ini.

Pendapatan AHM selama paruh waktu pertama tahun ini tidak bisa dikesampingkan. Angkanya naik 41,24% secara tahunan menjadi Rp47.91 triliun. Laba bersih AHM juga mengalami kenaikan hingga 88,62% menjadi Rp4,42 triliun.

Dengan porsi kepemilikan ASII secara langsung sebesar 50%, perusahaan mencatat pendapatan bersih yang diperoleh dari pihak berelasi, dalam hal ini AHM, sebesar Rp2,32 triliun. Nilai ini lebih besar dibanding semester satu tahun lalu, Rp1,65 triliun.

(dhf)

No more pages