Logo Bloomberg Technoz

Heineken Keluar dari Rusia, Jual Aset-asetnya Cuma Rp16.000

News
25 August 2023 16:50

Heineken. (Sumber: Bloomberg)
Heineken. (Sumber: Bloomberg)

Andy Hoffman - Bloomberg News

Bloomberg, Heineken NV mengumumkan telah menyelesaikan kesepakatan untuk menjual asetnya dan meninggalkan Rusia. Hal ini menjadikan Heineken sebagai salah satu perusahaan konsumen yang berhasil keluar dari negara tersebut, setelah pemerintahan Vladimir Putin mengubah aturan yang mempersulit proses keluar dari Rusia.

Perusahaan asal Belanda ini menjual operasionalnya, termasuk tujuh pabrik bir, kepada Arnest Group, perusahaan Rusia yang bergerak di bidang kemasan dan barang konsumen. Perusahaan menjualnya seharga 1 euro atau setara Rp16.000 dalam sebuah kesepakatan yang akan mengakibatkan kerugian sebesar €300 juta. 

Heineken mengatakan dalam pernyataan yang dirilis, transaksi ini sudah mendapatkan semua persetujuan yang diperlukan. Perusahaan resmi mengakhiri proses yang dimulai sejak Maret 2022.

Tidak ada opsi untuk buyback atau call option untuk kembali ke Rusia. Perusahaan mengatakan penjualan serta kerugian finansial tersebut akan "tidak berdampak signifikan" pada laba per saham Heineken. Proyeksi keuangan tahunan mereka tidak akan berubah, demikian disampaikan.