Logo Bloomberg Technoz

“Untuk menjadi anggota baru dari BRICS suatu negara harus menyampaikan surat expression of interest, semua harus menyampaikan surat itu dan sampai saat ini memang Indonesia belum menyampaikan surat tersebut,” kata dia lagi.

Diketahui bahwa BRICS baru-baru ini juga mengajak sejumlah negara untuk bergabung dengan blok ekonomi baru tersebut. 

BRICS yang terdiri dari Brasil, Rusia, India, China, dan Afrika Selatan sepakat mengundang 6 anggota baru. Enam negara tersebut adalah Arab Saudi, Iran, Mesir, Argentina, Etiopia, dan Uni Emirat Arab (UAE), hal ini semakin menunjukkan perluasan pengaruh global blok tersebut. 

Presiden Afrika Selatan Cyril Ramaphosa mengatakan para pemimpin Brazil, Rusia, India, China, dan Afrika Selatan sepakat untuk memperbesar aliansi BRICS mulai 1 Januari. Keputusan tersebut dibuat selama KTT yang digelar di Johannesburg. Perluasan ini merupakan ekspansi pertama BRICS sejak 2010.

"Kami memiliki konsensus mengenai fase pertama dari proses ekspansi ini. Dan fase-fase berikutnya akan menyusul," kata Ramaphosa yang duduk bersama para pemimpin BRICS lain sebagaimaa diberitakan Bloomberg News.

(ezr)

No more pages