Logo Bloomberg Technoz

Sedangkan Thailand lolos ke babak semifinal sebagai juara grup A. Tim muda Negeri Gajah Putih ini bahkan bercokol di puncak klasemen dengan mendulang poin penuh, atau berhasil mengalahkan seluruh tim di grup tersebut.

"Kembali para pemain tampil habis-habisan dengan kualitas teknis dan mental yang baik. Terbukti Thailand yang selama ini sulit kita taklukkan, dua kali beruntun kita kalahkan," ujar Erick.

Timnas Garuda Muda memang mengawali kejuaraan AFF U-23 dengan sejumlah kendala. Banyak pemain tak mendapat izin dari klub untuk bergabung ke Timnas U-23. Masalah semakin pelik ketika Indonesia di putaran grup mesti kalah dari Malaysia. Selain itu, Thailand adalah tuan rumah. Skuad timnas harus berlaga di hadapan dominasi suporter tuan rumah.

Di final, timnas sudah ditunggu Vietnam yang mengalahkan Malaysia pada babak semifinal dengan skor 4-1. Laga final Piala AFF U-23 2023 yang mempertemukan Indonesia kontra Vietnam akan berlangsung Sabtu (26/8/2023).
 
 "Masih ada 90 menit plus perpanjangan jika imbang. Jadi kita akan terus berjuang hingga akhir," kata Erick.

Pelatih Shin Tae-yong juga memberikan apresiasi terhadap anak asuhnya. Menurut dia, kerja keras anggota tim menjadi kunci lolosnya Timnas U-23 ke Final Piala AFF 2023.

"Kita akui empat negara yang lolos di semifinal semuanya sangat kuat. Secara pribadi, saya pikir pertandingan final mendatang melawan Vietnam akan sangat bagus. Kemenangan ini juga menambah kepercayaan diri pemain," kata pelatih asal Korea Selatan tersebut.

(frg/ezr)

No more pages