Logo Bloomberg Technoz

Kalahkan Thailand, Timnas U-23 Tantang Vietnam di Final Piala AFF

Fransisco Rosarians Enga Geken
25 August 2023 13:40

Timnas U-23 Indonesia saat merayakan kemenangan melawan Timnas Thailand di Piala AFF 2023. (Dok. PSSI)
Timnas U-23 Indonesia saat merayakan kemenangan melawan Timnas Thailand di Piala AFF 2023. (Dok. PSSI)

Bloomberg Technoz, Jakarta - Tim nasional (Timnas) Indonesia melaju ke Final Piala AFF U-23 2023 di Thailand. Timnas Garuda Muda secara mengejutkan meraih kemenangan telak pada laga semifinal melawan Timnas U-23 Thailand dengan skor 3-1 di Stadion Rayong Provincial Stadium, Thailand, Kamis (24/8/2023).

Tiga skor Indonesia dicatatkan dari gol Jeam Kelly Sroyer pada menit ke-10, Muhammad Ferarri pada menit ke-22, dan bunuh diri Natcha Promsomboon pada injury time babak pertama. Sedangkan skor Timnas Thailand hanya berasal dari gol Chudit Wanpraphao pada menit ke-27.

"Alhamdulillah. Pemain tampil baik, rakyat berdoa, dan Allah pun beri jalan," kata Ketua Umum PSSI, Erick Thohir seperti dilansir laman PSSI, Jumat (25/8/2023).

Menurut dia, langkah Timnas Garuda Muda sangat tak mudah pada Piala AFF U-23 di Thailand. Pada babak grup, timnas tumbang saat melawan Timnas Malaysia dengan skor 2-1. Setelah itu, timnas hanya unggul tipis saat melawan Timor Leste dengan skor 1-0. 

Timnas Indonesia pun lolos ke babak semifinal bukan karena menjadi juara grup. Garuda Muda melaju ke babak gugur karena menjadi runner up terbaik dibandingkan tim pada dua grup lainnya.