Logo Bloomberg Technoz

Dalam foto tersebut, Trump menampilkan ekspresi tegas ke arah kamera. Semua terdakwa lainnya dalam kasus ini, termasuk Rudy Giuliani, juga telah diambil foto tahanannya.

Trump kemudian memposting foto itu di X, situs media sosial yang sebelumnya dikenal sebagai Twitter. Foto itu menandakan kembalinya ia ke platform tersebut untuk pertama kalinya sejak 8 Januari 2021.

Foto mugshot Donald Trump (Sumber: Bloomberg)

Ia memberikan tautan ke situs penggalangan dana dalam postingan yang menyertai foto itu. Sebelumnya ia juga memposting foto tersebut di situs media sosialnya sendiri, Truth Social.

Jaksa Wilayah Fulton County, Fani Willis, mengajukan tuntutan terhadap Trump dan 18 terdakwa lainnya pada 14 Agustus, menuduh mereka melakukan persekongkolan di Georgia untuk mempertahankan jabatan Trump sebagai presiden AS setelah ia kalah dalam pemilu.

Patrick “Pat” Labat, sheriff di Fulton County, sebelumnya mengatakan bahwa Trump tidak akan mendapatkan perlakuan khusus dan ia siap untuk mengambil foto tahanannya.

Badan penegak hukum biasanya mengambil foto dari terdakwa yang baru dituntut untuk dicatat sebagai identifikasi oleh korban atau membantu melacak pelaku jika mereka melarikan diri. Langkah-langkah tersebut belum dianggap perlu untuk Trump, yang merupakan salah satu orang paling dikenal di dunia.

(bbn)

No more pages